Pages

Rabu, 17 November 2010

Jenis, Macam dan Prinsip kerja Mesin Printer


1.   Printer Dot Matrix
Jenis printer ini sangatlah bervariasi, ada yang berjenis color dan juga non-color. Untuk printer color, digunakan pita (karbon/ribon) khusus yang mempunyai 4 warna, hitam, biru, merah dan kuning.Head dari printer ini, terdiri atas 7, 9 atau 24 jarum yang tersusun vertical dan membentuk sebuah kolom. Saat bekerja jarum akan membentuk character image melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas. Pada saat head bergerak dari kiri kekanan sambil menyentuh kertas, maka huruf yang sudah terpola dalam suatu susunan jarum akan segera muncul. Pola tersebut kemudian diterima oleh pita karbon yang dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah percetakan huruf demi huruf.

2.   Printer Ink Jet
Proses pencetakan printer jenis ini menggunakan semprotan tinta (dimana proses penyemprotannya diatur oleh computer) ke media cetak guna menghasilkan character atau gambar. Karena menggunakan teknik semprot, maka pinter jenis ini sama sekali tidak berisik. Disamping itu, karena menggunakan resolusi cetak tinggi (min 300-600) dpi/dot per inc, hasil cetakannya biasanya lebih bagus dari pada printers jenis sebelumnya. Khususnya dalam gambar atau grafik. 



3.   Printer Laser Jet
Printer jenis ini memakai system yang hampir sama dengan yang dipakai mesin foto-copy, sehingga hasilnya jauh lebih rapi dari printer-printer sebelumnya. Proses pencetakannya dilakukan dengan memfokuskan gambar yang akan dicetak titik pertitik yang dilakukan oleh semi konduktor laser.





4.   Printer Digital
Keunggulan printer jenis ini adalah dapat mencetak secara langsung gambar dari kamera digital tanpa melalui PC, meskipun sebenarnya bisa juga dihubungkan denan PC.

0 komentar:

Powered By Blogger